Rabu, 19 Juli 2017

Cara Bypass/Melewati Verifikasi Akun Google Samsung

Next Post |

Cara Bypass/Melewati Verifikasi Akun Google Semua Model Samsung - Seperti yang kita ketahui bersama , setelah Android Lollipop (5.0.1) hingga Marshmallow (6.0.1) di rilis , tingkat keamanan yang disertakan di dalamnya semakin mengagumkan dari versi sebelum-sebelumnya. Salah satunya yakni pengamanan Factory Reset Protection atau FRP.

Apa itu FRP? FRP merupakan sistem perlindungan terbaru Android , dimana perangkat android akan meminta akun verifikasi google (email/sandi) sesaat setelah selesai melaksanakan setelan ulang pabrik , flash/install ulang rom. Akun verifikasi yang diminta untuk dimasukkan kembali bukanlah sembarang akun , melainkan akun yang terakhir kali dikenali perangkat android / akun sebelumnya. Jika tidak mengingatnya , maka perangkat tidak mampu diakses kembali.

Fitur ini hampir sama sistem keamanan iCloud milik iOS , kalau seseorang tidak mengingat / tidak dapat mengakses akun yang digunakan pada perangkat tersebut , maka ponsel tersebut tidak akan mampu digunakan.

Maka dari itu , sebelum melaksanakan Factory Reset , sebaiknya periksa terlebih dahulu akun google yang ada di dalam ponsel dan pastikan bahwa anda mampu mengaksesnya. Namun kalau sudah terlanjur melaksanakan hal tersebut dan lupa email/kata sandinya , maka anda mampu melaksanakan bypass verifikasi akun google dengan 2 metode. Pertama Menggunakan Metode Kabel OTG , kedua menggunakan Metode Sidesync.

Kedua metode tersebut sebenarnya hampir sama , namun untuk metode pertama diharuskan menggunakan kabel OTG dan metode Sidesync diharuskan menggunakan komputer PC/Laptop.
Bypass Verifikasi Akun Google
Bypass Verifikasi Akun Google

Sebelum lanjut , mungkin anda bertanya-tanya "Apa itu kabel OTG?". OTG merupakan abreviasi dari On-The-Go , merupakan kabel yang mampu digunakan untuk menghubungkan perangkat mirip flashdisk dengan ponsel Android. Dengan kata lain , salah satu ujung OTG merupakan port USB serta ujung yang lainnya yakni port untuk disambungkan ke ponsel Android.:

Kembali ke inti permasalahan , untuk tutorial kali ini , saya akan menjelaskan kedua metode tersebut yakni Metode Cara Bypass Verifikasi Akun Google Menggunakan Kabel OTG dan Menggunakan Metode SideSync. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini :

Bypass Verifikasi Akun Google - Metode Kabel OTG

Step #1. Siapkan bahan-bahan yang diharapkan :
  • Kabel OTG
  • Flashdisk
  • Jaringan Wi-Fi / Hotspot
Step #2. Unduh aplikasi Bypass Any Samsung Google Account Lock.apk kemudian simpan di USB Flashdisk.

Step #3. Nyalakan ponsel , lalu tekan "Next" hingga pada tahap penyambungan ke jaringan WiFi. Silahkan sambungkan ke jaringan wifi yang tersedia. Karena tanpa sambungan ke internet , tombol next tidak akan mampu di tap.

Step #4. Setelah terhubung , lanjutkan lagi dengan menekan "next" hingga pada tahap "Verifikasi akun anda" atau "Verifying your account". Pada tahap ini , silahkan sambungkan Kabel OTG ke ponsel , dimana pada ujung port USB sudah ada Flashdisk berisikan aplikasi Bypass any samsung google account.apk.
Penting !!!
Jika ponsel tidak mendeteksi flashdisk , silahkan ganti dengan yang lain karena ada beberapa jenis flashdisk / ponsel yang tidak kompitable antara keduanya.
Step #5. Saat kabel OTG sudah terhubung , akan muncul jendela baru pada layar ponsel. Selanjutnya cari aplikasi Bypass yang ada di flashdisk.

Step #6. Install aplikasi bypass tersebut. Jika muncul kotak dialog "Install Blocked" , tap pada "Settings" (lihat gambar di bawah) lalu scroll ke bawah , dan ceklis atau aktifkan "Unknown sources". Setelah itu pilih "Install".

Aktifkan unknown sources
Aktifkan "Unknown Source"

Step #7. Setelah proses install selesai , lanjutkan lagi dengan menekan "Open". Secara otomatis anda akan diarahkan ke menu "Settings". Nah di bagian ini , buka "Backup and reset > Factory data reset > Reset device > Erase everything". Secara otomatis , ponsel anda akan melaksanakan restart.

Step #8. Tunggu hingga proses restart selesai. Sambil menunggu , anda boleh mencabut kabel OTG dari ponsel.

Step #9. Setelah ponsel sudah restart , selanjutnya anda akan dihadapkan dengan proses aktivasi ponsel namun tidak ada lagi proses undangan Verifikasi Akun Google lagi. Kemudian ikuti terus petunjuknya hingga finish/selesai.

Video Tutorial Menggunakan Kabel OTG :

Bypass Verifikasi Akun Google - Metode Sidesync

Menggunakan metode sidesync sebenarnya hampir sama dengan metode kabel OTG , hanya saja pada ketika berada pada posisi verifikasi akun google , ponsel perlu disambungkan kedalam komputer PC/Laptop biar mampu sinkron dengan aplikasi Sidesync.

Langkah #1. Unduh dan pasang aplikasi Sidesync ke komputer PC/Laptop kemudian jalankan.

Langkah #2. Buka ponsel , lalu ikuti isyarat yang diberikan hingga ke tahap "sambungkan ke jaringan Wi-Fi". Nah pada langkah ini , sahabat harus menyambukan ke wifi untuk mampu tersambung ke jaringan internet. Karena tanpa sambungan internet , perintah next tidak akan mampu di tap untuk lanjut ketahap selanjutnya. Setelah tersambung , sekali lagi ikuti isyarat yang diberikan hingga pada tahap verifikasi akun.

Langkah #3. Sambungkan ponsel ke komputer. Sesaat setelah terhubung , akan ada pop-up yang muncul pada layar ponsel. Selanjutnya pilih "Chrome" (biasanya berada di tengah diantara Galaxy Apps dan Internet). Lanjutkan dengan mengklik Accept and Continue kemudian pilih No , Thank You. Pada tahap ini , anda mampu mencabut kabel yang menghubungkan ponsel dengan komputer.

Langkah #4. Unduh aplikasi bypass any samsung google account.apk dengan mengetikkan URL "https://goo.gl/VkMaLo" di address bar chrome lalu klik go/enter. Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi kemudian klik ok untuk melaksanakan download.

Langkah #5. Tap tombol kembali/back pada ponsel hingga pada halaman Term and Condition. Klik OK< > Agree. Klik Search (ada di sudut kanan atas layar ponsel) lalu ketik dan buka "ES File Explorer".

Langkah #6. Pilih "Create Account" untuk membuat akun baru samsung atau pilih "Sign In" kalau sudah memilikinya. Setelah proses pembuatan akun atau login selesai , selanjutnya klik "Accept and Download". Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Langkah #7. Buka app ES File Explorer. Cari folder Unduh lalu pilih aplikasi bypass any samsung google account.apk. Install aplikasi tersebut. Jika ada pesan error yang memblok pemasangannya , pilih "Setting" lalu aktifkan "Unknown Sources". Klik OK lalu Install.

Langkah #8. Buka/Open aplikasi tersebut. Scroll ke bawah , temukan "Backup and Reset > Factory Data Reset > Reset Device > Erase Everything". Ponsel akan melaksanakan restart. Tunggu beberapa ketika hingga ponsel menyala kembali.

Langkah #9. Setelah ponsel sudah restart , selanjutnya ikuti terus petunjuknya hingga finish/selesai. Untuk tahap ini , anda tidak perlu lagi menyambungkan ponsel ke jaringan wi-fi dan ponsel anda tidak akan meminta lagi verifikasi akun google.

Untuk menambahkan akun google milik anda sendiri , silahkan masuk ke Settings/Setelan > Akun > Tambah akun.

Video Tutorial Metode Sidesync

Rekomendasi Penggunaan

Cara ini juga mampu diterapkan untuk ponsel berbasis Android versi 5.1.1 dengan model dan tipe sebagai berikut :
  • Samsung Galaxy J Series SM-J200F , SM-J200G , SM-J200GU , SM-J200H , SM-J320F , SM-J500F , SM-J500H , SM-J500G , SM-J500FN , SM-J700F , SM-J700H
  • Samsung Galaxy A Series SM-A300H , SM-A310F , SM-A500F , SM-A510FD , SM-A710FD , SM-A800F , SM-A910F
  • Samsung Galaxy S Series S3 , SM-G900F , SM-G900H , SM-G900FD , SM-G920F , SM-G920I , SM-G920T , EDGE SM-G925F , SM-G925I , SM-G925T
  • Samsung Galaxy S6 EDGE+ SM-G928F , SM-G928G , SM-G928I , G928G , G928T , SM-G928A
  • Samsung Galaxy Note 3 , 4 , 5 N920C , N920G , N920I , N920T
  • Samsung Galaxy Grand Prime SM-G531H , SM-G531F , SM-G530FZ
  • Samsung Galaxy Core Prime VE SM-G361H

Saran

Akun google yang akan anda masukkan untuk pertama kalinya kedalam ponsel , pastikan bahwa akun tersebut milik anda dan jangan sekali-kali meminta orang lain atau pihak toko untuk memasukkan email mereka.

Namun apabila memiliki ponsel bekas hasil dari pembelian atau pemberian dari orang lain , minta email / password yang tersangkut di dalam ponsel atau anda mampu meminta mereka untuk mengganti akunnya dengan akun google milik anda.

Tambahan : Apabila sahabat tidak mampu menggunakan 2 cara di atas karena disebabkan oleh penggunaan Android Marhsmallow 6.0.1 atau versi yang lebih tinggi lagi , maka saya sarankan untuk melaksanakan downgrade ke Android Lollipop terlebih dahulu. Tujuannya yakni untuk memudahkan sahabat melaksanakan bypass untuk ponsel sobat. Karena 2 cara di atas , sudah teruji untuk Android Lollipop.

Semoga tutorial mengenai "Pandua Cara Bypass/Melewati Verifikasi Akun Google Samsung" bermanfaat bagi anda. Jika ada yang kurang terperinci , silahkan menanyakannya melalui kolom komentar. Terima kasih , salam !!!

0 komentar

Posting Komentar