Rabu, 19 Juli 2017

Apa Itu Root Android Kelebihan serta Kekurangannya

Next Post |

Apa Itu Root Android? Apa Kelebihan & Kekurangannya? - Berbicara mengenai Android , tidak akan pernah ada habisnya & untuk OS yang satu ini pasti sudah banyak yang mengenalnya. Mulai dari kalangan bawah , menengah hingga atas , kalangan anak-anak , remaja dan kalangan dewasa. Baik itu di Indonesia , maupun di seluruh penjuru dunia.

Sejak diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2008 , OS Android menjadi viral pembicaraan hingga ketika ini. Selain itu , ada terdapat aneka macam istilah-istilah baru terdengar , salah satunya istilah ROOT. Istilah ini mungkin sudah tidak absurd lagi bagi sebagian besar pengguna ponsel berbasis android , namun ada yang belum tahu menahu sama sekali.

Uniknya , dari sekian banyak penggunanya , paling tidak ada 3 golongan yang bisa saya golongkan mengenai pemahaman mereka wacana istilah tersebut. Pertama , orang-orang yang sama sekali belum mengenal/awam. Kedua , orang-orang yang sudah mengenal , namun tidak tahu apa itu Root serta yang Ketiga yaitu orang-orang yang benar-benar sudah paham bahkan jago dalam root sistem operasi Android.

Dari 3 golongan di atas , anda termasuk yang mana? Yang pertama , kedua atau ketiga? Hehehe Silahkan jawab dalam hati saja ya… Lalu apa itu root Android? Apa kelebihan serta Kekurangannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian , Kelebihan & Kekurangan Root Android

Pengertian Root Android

"Root" apabila diartikan kedalam Bahasa Indonesia berarti "Akar" atau "Dasar" merupakan sebuah kontrol istimewa , multak , diktatorial pengguna untuk mengakses system / sub system atau kekuasaan untuk mengakses dan mengeksekusi semua file , perintah & system. Dengan kata lain , root memperlihatkan kontrol tanpa batas kepada penggunanya untuk melaksanakan hal-hal apa yang ia inginkan.

Root Android hampir mirip JailBreak terhadap sistem operasi iOS milik apple , dimana keduanya sama-sama memperlihatkan kontrol istimewa & memperlihatkan kanal penuh kepada penggunanya untuk bisa melaksanakan hal-hal sesuai apa yang pemiliknya ingin lakukan.

Kelebihan Root Android

Kelebihannya yaitu memudahkan pengguna supaya bisa masuk kedalam dasar sistem. Baik itu untuk melaksanakan modfikasi system , mengubah tampilan interface , tweaking , menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus melalui pengaturan aplikasi , memasang aplikasi tertentu yang membutuhkan kanal root , meningkatkan performa & masih banyak lagi kelebihan lainnya tanpa batas.

Jika diibaratkan , root sama mirip direktur pada windows dimana user bisa melaksanakan apa saja dalam OS Windows.

Kelemahan Root Android

Kelemahan / kekurangan root ini sendiri , tentunya punya dampak tersendiri. Berikut kelemahannya.

#Pertama ,
Google sebagai pemilik Sistem Operasi Android melarang keras kepada siapa saja untuk melaksanakan root terhadap sistem operasi mereka. Alasannya cukup sederhana , yaitu problem keamanan smartphone.

Keamanan mirip apa yang ia maksud? Keamanan yang dimakud disini yaitu keamanan supaya sistem operasi Android tidak dirusak , diotak atik atau bahkan hingga yang lebih parah sekalipun. Rooting akan membuka semua sistem keamanan OS. Tentu ini akan sangat berbahaya kalau dilakukan oleh orang awam.

Selain itu , rooting juga akan membuka kanal kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android. Virus merupakan sebuah kegiatan yang dirancang untuk melaksanakan hal-hal tertentu , misalnya kemampuan untuk mengambil data-data yang bersifat pribadi & rahasia mirip nomor kartu kredit , video , foto , dokumen rahasia & data-data penting lainnya kemudian dikirim kepada pembuathnya.

#Kedua ,
Seperti yang telah kita ketahui bersama , bahwa setiap distributor ponsel berbasis android , melarang setiap penggunanya untuk melaksanakan root. Jika hal itu terjadi , maka kita tidak diperkenankan untuk melaksanakan klaim garansi.

Alasannya apa? Kenapa hal itu bisa terjadi? Ibaratnya mirip ketika membeli sebuah barang elektronik , dimana pada barang tersebut pasti dipasangi beberapa segel. Segel ini bertujuan untuk melindungi barang supaya tetap dalam kondisi utuh dan aman , hingga pada ketika garansi barang tersebut ingin diklaim.

Nah hal ini juga berlaku kepada ponsel yang kita beli. Apabila melaksanakan root sistem operasi ponsel tersebut , secara tidak pribadi kita telah merusak segel tersebut. Jika segel rusak , maka untuk melaksanakan klaim garansi ponsel sudah tidak bisa dilakukan lagi.

Jenis-Jenis Aplikasi Root

Sekarang ini ada aneka macam aplikasi yang bisa digunakan. Cara penggunaanya juga bermacam-macam , misalnya ada yang bisa dipasang pribadi & ada juga yang harus dipasang melalui menu recovery mirip CWM atau Custom TWRP. Untuk nama aplikasinya , bisa anda lihat pada daftar berikut ini.
Nama AplikasiInstall LangsungCustom Recovery
KingRootYesNo
FramarootYesYes
Robot MasterYes?
Kingo AppYes?
King UserNoYes
Root geniusYesNo
Towel RootYesNo
Key Root MasterYesNo
Rootmaster iRootYesNo
Z4RootYesNo
VrootYesNo
Dari setiap aplikasi tersebut di atas , ada hanya bisa digunakan pada Merek & tipe ponsel tertentu serta bisa digunakan pada banyak jenis/merk ponsel. Misalnya Kingroot bisa digunakan melaksanakan root terhadap ponsel Samsung Galaxy J Series , A Series , S Series dan sebagainya. Tetapi ada tipe/merek ponsel tertentu yang masih belum bisa ia root.

Begitupun dengan aplikasi-aplikasi root lainnya , kadang bisa dipake untuk tipe/merek A , namun tidak bisa digunakan terhadap Tipe/merek B , C , D dsb & begitupun sebaliknya. Makara kita bisa mencobanya satu persatu supaya kita tahu aplikasi jenis apa yang cocok dengan ponsel yang anda gunakan.

Saran

Rooting memang kadang dibutuhkan terhadap ponsel , tetapi bagi anda yang masih baru/awam , sebaiknya tidak perlu melaksanakan root , alasannya yaitu resikonya mungkin tidak sebanding dengan manfaatnya. Namun kalau dalam keadaan terpaksa , saya sarankan lebih baik anda meminta bantuan kepada orang-orang yang benar-benar sudah paham akan hal ini alasannya yaitu kesalahan sedikitpun bisa berakibat fatal.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian , Kelebihan & Kekurangan Root Android di atas , semoga ada manfaatnya. Terima kasih & Salam !!!

0 komentar

Posting Komentar