Rabu, 19 Juli 2017

2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa Komputer Terbaru

Next Post |

Ada 2 (dua) cara yang bisa dilakukan untuk melaksanakan root terhadap ponsel samsung galaxy J5. Diantaranya tanpa menggunakan & dengan menggunakan Komputer PC/Laptop. Root tanpa komputer (hanya menggunakan ponsel saja) merupakan pilihan utama bagi para pengguna ponsel. Hal ini disebabkan penggunaannya yang lebih mudah , cepat dan praktis.

Sedangkan root menggunakan PC/Laptop merupakan proses root dengan menggunakan bantuan komputer PC/Laptop. Cara ini memang agak rumit & panjang , ditambah lagi membutuhkan sebuah perangkat komputer untuk melakukannya.

Namun bagi anda yang tidak memiliki komputer PC/Laptop & ingin me-root ponsel Samsung Galaxy J5 anda , mungkin tutorial perihal "2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa Komputer" bisa membantu anda , namun sebelum melaksanakan root , ada baiknya jikalau anda mengetahui apa kelebihan & kekurangan Root Android. Karena ada hal-hal yang perlu diketahui serta dipahami sebelum & sesudah melaksanakan root. Untuk penjelasan lengkapnya , silahkan baca "Pengertian , Kelebihan & Kekurangan Root Android".

2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa PC Terbaru

Menggunakan KingRoot

Kingroot merupakan aplikasi yang bisa melaksanakan rooting terhadap banyak jenis ponsel hanya dengan sekali tap , salah satu diantaranya Samsung Galaxy J5. Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store , namun bisa didapatkan melalui situs resmi mereka atau bisa juga didapatkan atau melalui sumber lain. Berikut cara penggunaan kingroot.

Langkah #1. Unduh KingRoot.apk , lalu ekstrak filenya kedalam kartu memori kemudian pasang (install). Apabila terdapa pesan "Install Blocked" silahkan buka menu Pengaturan > Keamanan > & aktifkan Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source. Mengapa pemasanganan kingroot diblokir? Karena KingRoot merupakan aplikasi pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) yang membutuhkan izin untuk pemasangannya.

Langkah #2. Sebelum menjalankan aplikasi Kingroot , terlebih dahulu ponsel harus disambungkan ke internet baik melalui koneksi Wi-Fi , hotspot ataupun sambungan data seluler. Sambungan ini diharapkan karena ada beberapa data base tertentu yang diunduh eksklusif dari server melalui aplikasi kingroot. Jika tidak ada sambungan data ke internet , maka proses rooting tidak akan berhasil.

Langkah #3. Jalankan aplikasi , kemudian tap "Root" yang berada di bundar berwarna biru. Tunggu hingga proses selesai hingga ada goresan pena "Successed". Jika terdapat pesan dikala proses rooting , pilih "Install anyway (Unsave)".

Cara Root Samsung Galaxy J5 Menggunakan Kingroot

Langkah #4. Saat root selesai , ponsel akan melaksanakan restart secara otomatis. Tunggu beberapa dikala hingga ponsel menyala kembali.

Langkah #5. Periksa ponsel Samsung Galaxy J5 anda apakah sudah berhasil root atau belum. Untuk mengeceknya , silahkan gunakan aplikasi "Root Checker". Anda bisa menemukan aplikasi tersebut di google play store.

Menggunakan Kingo Root

KingoRoot ialah utilitas Android bertujuan untuk membantu pengguna Android untuk melaksanakan root ponsel/tablet tanpa perlu terhubung ke PC. Kingoroot merupakan tool apk untuk termudah dan tercepat hanya dengan sekali klik. Sama mirip kingroot , aplikasi ini juga tidak tersedia di play store , tetapi bisa di unduk melalui open source / melalui situs resmi kingroot. Berikut cara root menggunakan Kingoroot

Langkah #1. Unduh aplikasi KingoRoot.APK lalu pasang kedalam ponsel. Jika terdapat pesan "Install Blocked" , cukup tap Settings/Pengaturan > Security/Keamanan > lalu aktifkan "Unknown Source". Ingat setiap pemasangan aplikasi dari pihak ketiga , pasti akan ada seruan izin supaya aplikasi tersebut bisa dipasang.

Langkah #2. Sambungkan ponsel ke koneksi internet , lalu jalankan kingoroot & tap/klik "One Click Root" pada layar ponsel. Tunggu beberapa dikala hingga proses rooting selesai dilakukan. Apabila terdapat pesan dikala proses root ini terjadi , pilih "Install anyway (Unsave)".

Langkah #3. Setelah proses root selesai , ponsel akan melaksanakan restart. Tunggu hingga ponsel menyala kembali.

Untuk mengecek apakah proses root berhasil , silahkan mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang bisa anda dapatkan di playstore.

Baca Juga : Cara Pasang Xposed Installer Samsung Android Marshmallow dan Lollipop

Kesimpulan dan Saran

Melakukan root terhadap Samsung Galaxy J5 bisa dilakukan dengan banyak sekali cara , namun sebelum melaksanakan root , lebih baik anda melaksanakan full backup terhadap ROM android Samsung Galaxy J5 anda karena kesalahan sedikitpun , akan menyebabkan ponsel anda akan mengalami bootlop. Kaprikornus dikala hal tersebut terjadi , maka anda bisa merestore ROM android anda kembali.

Untuk melaksanakan Backup & Restore ROM , anda bisa melakukannya melalui menu Recover mirip CWM atau custom TWRP. Untuk Unroot Android , silahkan baca "Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device".

Demikian "2 Cara Root Samsung Galaxy J5 Tanpa Komputer Terbaru" di atas , semoga ada manfaatnya bagi anda yang membutuhkan. Terima kasih & Salam...!!!

0 komentar

Posting Komentar