Jumat, 21 Juli 2017

Fungsi Masing Masing Port di Back Panel

Next Post | Fungsi Masing Masing Port di Back Panel

Fungsi Masing Masing Port di Back Panel

Fungsi Masing Masing Port di Back Panel

kali ini admin akan membahas persoalan back panel.
mungkin banyak dari kalian belum tahu apa itu back panel. back panel ialah sebuah perangkat keras yang menyatu dengan motherboard yang terdiri dari beberapa banyak port untuk keperluan tertentu.dari namanya backpanel ,terdiri dari 2 kata , yaitu back dan panel. back yang berarti belakang dan Panel yang berarti Panel atau Sebuah Lubang Perangkat khusus yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

letak dari back panel yaitu ,di belakang bagian cpu komputer.

nah , kali ini admin akan meberikan ulasan perihal fungsi masing masing port di back panel ini , silahkan disimak :

1. Port PS2

   
PS/2 ialah port yang digunakan untuk mouse jenis PS/2. Port mouse ini biasanya berdampingan dengan port keyboard. Anda dapat membedakan kedua port tersebut dengan memperhatikan warna dari masing-masing port. Port mouse PS/2 biasanya berwarna hijau , sedangkan port keyboard PS/2 berwarna ungu.
Fungsi:Ps2 port digunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer.
jadi ,port PS/2 termasuk input port.Alat yang mampu masuk pada ps/2 yaitu: mouse dan keyboard.

2. Port serial

 

    ialah sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit berita pada satu satuan waktu. Dalam serial port , pengiriman berita tidak memungkinkan untuk melaksanakan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melaksanakan pemindahan data , biasanya serial port bekerja seri , misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang.


Port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) computer lain dengan motherboard , penghubung antara mouse dengan motherboard , penghubung antara modem dengan motherboard , dan mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari mainboard ke perangkat lainnya.

3. Port paralel

 

    Port ini berfungsi untuk alat komunikasi motherboard dangan perangkat luar yang bersifat pararel , dan port ini mampu mengirim data yang banyak sekaligus , sehingga lebih cepat daripada yang seri.biasanya port ini digunakan untuk penghubung modem ,printer ,dan disk drive

4. Port VGA

 

    VGA (Video Graphics A) ialah perangkat Output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor. Artinya VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor

5. Port USB

 

    socket ini berfungsi sebagai penghubung alat eksternal mirip mouse , keyboard , printer , scanner , dll yan mempunyai port USB ini.

6. Port LAN

 

yaitu Port untuk menghubungkan komputer dengan internet , juga mampu untuk komputer dengan komputer

7. Port audio

 

   Port ini berfungsi sebagai perangkat audio pada komputer. umumnya Port ini ada 3 buah port yaitu :
        1. warna hijau
            berfungsi mengeluarkan suara
        2. warna merah
            berfungsi sebagai mic
        3. warna biru
            berfungsi sebagai line in (memasukkan bunyi dari luar PC)

Terima kasih telah mengunjungi Oemampedia yang sederhana ini , biar artikel diatas mampu bermanfaat bagi kita semua. mohon tinggalkan komentar kalo belum paham

0 komentar

Posting Komentar