Rabu, 19 Juli 2017

Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device

Next Post |

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin melaksanakan UNROOT , diantaranya yakni sebab ingin menerima update sistem operasi terbaru , ingin mengamankan perangkat dari gangguan virus , ingin melaksanakan klaim garansi dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Berbicara mengenai UNROOT , paling tidak ada 3 cara untuk melakukannya , pertama flashing ulang ROM , kedua menghapus file root secara manual & ketiga menggunakan bantuan aplikasi android. Tetapi untuk yang pertama , tidak akan kita bahas kali ini. Mungkin dilain waktu dan kesempatan.

Sebelum melaksanakan Unroot , langkah pertama yang harus anda lakukan yakni melaksanakan backup terhadap semua data anda dengan cara menyalinnya ke kartu memori SD/Eksternal , komputer atau ke cluoud (penyimpanan data online) , sebab dikala melaksanakan unroot , maka kemungkinan besar semua data yang tersimpan di memori internal / telepon akan ikut terhapus.

Unroot segala merek & jenis ponsel android

Cara Unroot Android Menggunakan Super SU

Sejauh ini , aplikasi yang mengagumkan & cepat untuk digunakan dalam melaksanakan Unroot yakni aplikasi Super SU. Aplikasi ini mampu anda dapatkan secara gratis di Google Play Store. Berikut cara melaksanakan Unroot terhadap perangkat android menggunakan super SU.
  1. Download & Install Super SU dari Google Playstore
  2. Setelah proses install tamat , buka aplikasi tersebut kemudian pergi ke tab "Setting".
  3. Scroll ke bawah sampai menerima goresan pena "Full Unroot"
  4. Ketika anda mengklik/mentap Full unroot , maka akan ada kotak konfirmasi persetujuan. Pilih "Continue"
  5. Setelah tamat , Super SU akan tertutup sendiri. Restart perangkat Anroid anda.
  6. Saat ponsel sudah kembali menyala , langkah selanjutnya yakni Uninstall / hapus aplikasi Super SU. Selesai , ponsel android anda sudah dalam keadaan normal atau sudah tidak root lagi.

Unroot Menggunakan Root Xplorer

Saat pertama anda melaksanakan root terhadap perangkat android anda , aplikasi root akan menempatkan sebuah file kedalam sistem android. Dimana semua izin diberikan melalui file ini. Kaprikornus , apabila anda ingin melaksanakan Unroot , cukup menghapus file ini saja namun tingkat keberhasilannya sekitar 80% - 90% saja.
  1. Download , lalu install File Explorer. Anda mampu mendapatkannya di Google Play Store
  2. Setelah tamat , jalankan aplikasinya. Cari tab "Root" (biasanya berada disebelah kiri atas) & temukan folder "System" kemudian buka.
  3. Tap Folder "Bin" lalu scroll ke bawah & temukan file "SU". Hapus file tersebut. Untuk aplikasi root tertentu , kadang juga memasukkan file yang berjulukan "Busybox". Jika ada hapus juga file tersebut.
  4. Restar perangkat android anda. Selesai !!!

Unroot Menggunakan Kingo Root

Mungkin sebagian dari anda sudah tau apa itu aplikasi Kingo root PC. Iya , aplikasi ini selain mampu digunakan untuk melaksanakan Root terhadap device android , juga mampu dilakukan untuk melaksanakan Unroot. Tapi diharapkan alat pelengkap lagi berupa PC/Laptop. Untuk menggunakannya , berikut langkah-langkahnya.
  1. Unduh , ekstrak & install aplikasi Kingo root kedalam komputer.
  2. Aktifkan mode Debugging USB di ponsel Anda. (Pengaturan> Developer Option> USB Debugging Mode)
  3. Sambungkan ponsel ke komputer melalu Kabel USB (disarankan kabel asli).
  4. Jalankan aplikasi Kingo Root yang ada di komputer anda & tunggu sampai Kingoroot mendeteksi device android anda.
  5. Setelah terdeteksi , akan muncul pesan bahwa perangkat anda dalam keadaan root. Di sana juga terdapat pilihan "Remove Root" lalu klik.
  6. Tunggu sekitar 2-5 menit sampai proses unroot selesai.

Rekomendasi Penggunaan

Tiga cara unroot di atas mampu digunakan untuk semua jenis ponsel/tablet & mampu digunakan untuk banyak sekali jenis merek perangkat mirip samsung , sony , lenovo , evercoss , xiaomi , asus , oppo & masih banyak lagi.

Butuh Bantuan?

Jika ketiga cara tersebut diatas tidak satupun yang berhasil , silahkan meninggalkan komentar atau mampu menghubungi admin melalui formulir kontak yang telah disediakan. Terima kasih & salam !!!

0 komentar

Posting Komentar